Pages

Mind-Blowing Music Videos by Michel Gondry

Yap yap. Pengen jeda sedikit dari nonton full-length movie. Di sini gw mau membahas 5 music video dari Michel Gondry, sutradara ternama dari Prancis. Sebenernya gw punya ide untuk nulis ini setelah ngebaca comment dari visitor blog ini (di mana visitor itu adalah teman sekelas gw :3, Prihutomo Hanggoro Bhakti) yang ngasih link ke sebuah video Youtube yang menurutnya keren. Dan ketika gw coba streaming video tersebut, I found it extremely mind-blowing! (lebai). Kemudian gw juga mengetahui bahwa Michel Gondry-lah yang menyutradarai music video tersebut. Michel Gondry? Siapa dia?

Sejujurnya gw tau orang ini sebagai sutradara film “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”. Ya, karyanya itu adalah karya yang berhasil meyakinkan gw akan kemampuan akting Jim Carrey yang ternyata mampu main film drama dengan baik (sebelum gw liat dia di “The Truman Show”). Dan lagi, film tersebut adalah suatu film yang unik. Keunikan film tersebut ada pada gaya penceritaannya yang sedikit fantasi, penuh metafora, tetapi tetap indah. Untuk yang satu itu, mungkin gw lebih suka menyebutnya sebagai akibat campur-tangan Charlie Kaufman dalam screen-writing (walaupun Gondry juga ikut ambil bagian dalam membuat ide cerita bersama-sama dengan Kaufman dan Pierre Bismuth). Tetapi, menonton “Eternal Sunshine of The Spotless Mind” sudah cukup membuat gw mengenal tipikal film Gondry.

Gw menangkap ia sebagai sutradara yang cerdas, yang tidak takut memaksimalkan imajinasi demi mencapai suatu hasil yang artistik. Di beberapa bagian, mungkin imajinasi tersebut akan “membunuh” nilai-nilai realistik dari suatu film, tetapi tidak jarang itu justru berakhir dengan efek mind-blowing yang membuat penonton tercengang. Dan itu gw temui dari karya music video-nya. Gw akui memang gw tidak begitu banyak mengenal Michel Gondry dari karya-karyanya. Selain “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”, gw pernah menonton “The Green Hornet” yang juga merupakan karyanya yang rilis (bisa dibilang) baru-baru ini. Namun, entah kenapa, gw lebih suka mengaitkan Gondry dengan “Eternal Sunshine of The Spotless Mind”. Menurut gw, itu karyanya yang bisa tergolong masterpiece. Itu sebabnya ia diganjar Oscar untuk karyanya tersebut.

Berkaitan dengan music video, Gondry telah banyak sekali membuat music video. Dari catatan yang gw baca di Wikipedia, kebanyakan Gondry membuatkan music video untuk  Björk Guðmundsdóttir atau biasa dikenal dengan Björk , penyanyi asal Eslandia yang juga pernah berakting di film musikal “Dancer In The Dark”. Sebenarnya, banyak sutradara-sutradara ternama yang juga punya side-project music video atau malah TV-series. Salah satunya yang paling gw kenal adalah David Fincher, sutradara favorit gw.

Kelebihan dari membuat music video, menurut gw, adalah kemampuannya untuk memaksimalkan nilai-nilai artistik. Di full-length movie, plot adalah tulang punggung. Plot menjadi batas pergerakan sutradara dalam berimajinasi. Semua yang ingin disajikan dalam film harus merupakan bagian dari plot (yang dituangkan dalam bentuk script). Di music video, tidak ada plot. Memang, isi lagunya itu sendiri merupakan plot, tetapi itu bukan suatu keharusan bagi sutradara untuk menerjemahkan lagu sebagai suatu plot. Alih-alih, lirik atau irama dari suatu lagu bisa menjadi ilham bagi sutradara untuk mendefinisikan apa yang ingin diperbuat oleh music video tersebut. Dengan demikian, tidak perlu lagi ada opening, konflik, klimaks, twist, atau ending seperti dalam plot film. Memang, banyak juga music video yang sengaja dibangun atas dasar suatu plot, tetapi gw melihat plot dalam music video bukan suatu hal yang saklek karena yang dicerna penonton dari suatu music video adalah makna lagunya, bukan makna music video-nya. Music video adalah alat untuk menangkap maksud dari musik, itu saja.

Di bawah ini gw menyajikan 5 music video dari sekian banyak music video karya Michel Gondry. Lima ini adalah yang menurut gw paling keren dari segi artistik, yang kemudian menghasilkan efek mind-blowing. “How can he do that?” adalah ungkapan yang umumnya orang-orang katakan setelah melihat music video berikut ini. (Well, actually I haven’t seen all of his music videos so I can’t decide whether these five are the best, but based on some of his quite-popular music videos, I can guarantee that these are the most beautiful :D). Ini gw urutin dari yang biasa aja ke yang paling keren.

#5  "Open Your Heart" oleh Mia Doi Todd


Kerennya music video ini ada pada warna-warni kostum para extras. Itu menarik sekali. Bayangkan ada warna-warni yang twisting di tengah kota. Sungguh artistik. #4 "Fell in Love with A Girl" oleh The White Stripes
Music video yang dibangun dari jutaan keping lego, dengan teknik stop-motion, seolah-olah menggambarkan berbagai adegan berkaitan dengan lirik lagunya maupun para personil The White Stripes. #3 "Star Guitar" oleh Chemical Brothers
Bayangkan Anda berada di dalam sebuah kereta yang melaju kencang, sambil memandang ke luar jendela, memperhatikan keadaan kota yang entah kenapa seperti menyatu dengan beat lagu "Star Guitar". Tiang-tiang, rumah-rumah, dan terowongan muncul sesuai dengan irama musik. Hebat. #2 "Sugar Water" oleh Cibo Matto
Jangan terkesima dulu dengan tampilan preview-nya. It's a damn cool video! Dibuat dengan teknik split-screen dan one long take dengan alur waktu yang tidak linear, Anda akan surprised melihat bagaimana video ini berjalan. #1 "Come Into My World" oleh Kylie Minogue
Ini dia video yang membuat gw terkagum-kagum. Idenya keren. Di awal, Anda akan menemui satu Kylie yang bernyanyi sambil mengitari suatu blok pertokoan, kemudian Anda akan menemui dua Kylie, tiga, dan empat Kylie di akhirnya! Seperti dibuat dalam one long take, tapi gw yakin yang Gondry lakukan hanyalah membuat editing yang begitu presisi dan halus sehingga terkesan seperti one long take.

Akbar Saputra

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment